Chat

wa

Rabu, 07 Oktober 2020

Kabel 4 Besar, Isu atau Fakta?


 


Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Kabel 4 Besar?

Beredar di masyarakat bahwa untuk menentukan penggunaan kabel pada sebuah industri ataupun perumahan harus mengacu pada kabel 4 besar. Pada realitanya acuan 4 besar bukan merupakan standar baku yang ditetapkan pemerintah atau pihak terkait lainnya. Hanya berdasar isu yang beredar di masyarakat tanpa didukung dengan fakta dan data.

Pada dasarnya pemerintah sendiri mengawasi mutu produk kabel lewat sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang hanya bisa didapat jika produk kabel tersebut sudah lolos dari berbagai proses pengujian. Tujuannya untuk meningkatkan perlindungan kepada konsumen, pelaku usaha, tenaga kerja dan masyarakat lainnya baik untuk keselamatan, keamanan, kesehatan maupun kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Begitu melekatnya status kabel 4 besar di masyarakat justru berdampak pada kurangnya perhatian masyarakat seputar kualitas dan eksistensi sebuah proses perjalanan panjang untuk menghasilkan produksi kabel bermutu.

Hal Ini sudah tidak relevan, apalagi ada beberapa pabrik kabel yang pada umumnya dikenal masuk dalam daftar kabel 4 besar tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

Bijaklah dalam memilih kabel , semoga bermanfaat !!!